Berita

KPU Kab. Bandung Verifikasi

Kamis, 19 Juni 2008

    Ketua Pokja Verifikasi Parpol, KPU Kab. Bandung, H. Asep Mamat menyatakan, parpol yang memiliki kepengurusan di Kab. Bandung Barat akan diverifikasi kembali. Tidak ada jaminan ke-18 parpol tersebut akan ikut serta pada pemilu legislatif tahun 2009.

    Verifikasi adminsitrasi menandai rangkaian verifikasi faktual oleh KPU Kab. Bandung. Secara administrasi syarat minimal parpol harus memiliki seribu orang anggota. Hasil pemriksaan administrasi yang telah dilaksanakan KPU Kab. Bandung, semua parpol mengklaim memiliki anggota di atas seribu orang. Paling banyak 1.300, Asep Mamat saat ditemui di Sekretariat KPU Kab. Bandung, Taman Kopo Indah, Rabu (18/6).

    Untuk membuktikan akurasi jumlah anggota yang diklaim 18 parpol tersebut, KPU akan melakukan uji petik. Sebagai sampel, akan diambil 10% dari total anggota. Pengambilan sampel dilakukan secara random. Panitia pemilihan kecamatan (PPK) dan panitia pemungutan suara (PPS) akan mendatangi rumah anggota parpol secara door to door.

    Dijelaskan Asep, jika di lapangan ditemukan ada orang yang diklaim sebagai anggota parpol namun ternyata mengaku tidak tahu, maka akan menjadi bahan pertimbangan KPU Kab. Bandung untuk dilaporkan ke KPU Pusat melalui KPU Provinsi Jabar.

    KPU Kab. Bandung tidak memiliki kewenangan untuk meloloskan atau menggugurkan salah satu parpol. Kewenangannya ada di tangan KPU Pusat. Paling hanya mengeluarkan berbagai pertimbangan yang bisa dijadikan bahan kajian pusat.

    Verifikasi juga dilakukan terhadap jajaran pengurus dan alamat sekretariat parpol mulai dari tingkat kabupaten. Bagi parpol yang kantor sekretariatnya ngontrak, diwajibkan menunjukkan kuintansi pembayaran sewa menyewa. Sesuai jadwal, verifikasi akan diketahui hasilnya tanggal 29 Juni mendatang.

    Berdasarkan data KPU Kab. Bandung, parpol lama di Kab. Bandung Barat yang berhak menjadi peserta pemilu legislatif 2009, baik yang mendapat kursi maupun tidak, sebanyak 22 parpol. Sehingga bila 18 parpol baru lolos verifikasi, maka akan ada 40 parpol yang memperebutkan suara warga Kab. Bandung Barat.
 
 
 
Sumber : Harian Umum Galamedia, Kamis 19 Juni 2008 
 

Lainnya