Spotlight

Berita

Lima BUMN Hijaukan 527,2 ha di 5 Kecamatan

Posting 2010-03-17

Demikian dikemukakan Deputi Kementerian BUMN Bidang Agroindustri Agus Pakpahan, di sela-sela kegiatan penanaman pohon pelindung di Kec. Arjasari, Senin (15/3). Hadir pada acara itu, Direktur Utama PT BUMN HL I H. Zulfi Ramlan Pohan, Direktur Agroforestry H. Dedi Setiadi Sukarya, dan Direktur Pengembangan Bisnis dan Umum Ali Rahman.

Penanaman lahan 1.568 warga yang bermitra dengan PT BUMN HL I tersebut dilakukan di Kec. Cimaung, Cangkuang, Pangalengan, Banjaran, dan Arjasari. Pohon yang ditanam adalah ekaliptus, jabon, manglid, mindi, dan suren.

Dua peran

Dengan penanaman di Kec. Arjasari itu, luas lahan bisnis berbasis penghijauan yang dilakukan PT BUMN HL I sudah mencapai 53,560 hektare. "Pada prinsipnya, penanaman pohon-pohon pelindung itu memiliki dua peran sekaligus, yaitu sebagai pohon konservasi yang memiliki perakaran kuat sekaligus mendatangkan pendapatan bagi masyarakat," kata Agus.

PT BUMN HL yang dimodali Perum Perhutani, PTPN VIII, PT Pupuk Kujang, Perum Jasa Tirta II, dan PT Sang Hyang Seri, mengelola lingkungan berbasis agroforestry melalui bisnis air, pangan, pakan, energi, dan jasa lingkungan sesuai dengan prinsip GCG (good corporate governance). Mereka memodali dan memotivasi masyarakat untuk melakukan penghijauan pada lahan-lahan kritis dan daerah aliran sungai melalui pola bagi hasil.

Sementara itu, Zulfi Pohan mengatakan, apa yang dilaksakan PT BUMN HL I, adalah langkah membuat berbagai lahan kritis, termasuk di wilayah Bandung selatan, dari semula lebih dikhawatirkan sebagai potensi bencana, menjadi lahan konservasi yang mendatangkan pendapatan bagi masyarakat. Caranya dilakukan dengan memotivasi masyarakat pemilik lahan agar mendayagunakan lahan-lahan tersebut dengan prinsip ekologis dan ekonomi secara beriringan.

Sumber : Pikiran Rakyat, edisi Hari Rabu tanggal 17 Maret 2010.



 

Selanjutnya

Deden Daftar Calon Bupati

Posting 2010-03-17

    Keterangan yang diterima, Selasa (16/3), sampai batas akhir pendaftaran bakal calon bupati/wabup yang dibuka PAN Kab. Bandung pada Senin (15/3) pukul 19.00 WIB, tercatat enam nama yang mendaftar, yaitu H. Deden Rukman Rumaji (Ketua DPD PAN Kota Bandung),…


Sebelumnya

Tak Ada Dana, Anggota DPRD Gagal Reses

Posting 2010-12-01

   Anggota DPRD dari daerah lain sudah menikmati masa reses, minimal dua kali dalam setahun, kata anggota Komisi D DPRD Kab. Bandung, Ustaz H. Supardi, di ruang Badan Kehormatan DPRD Kab. Bandung,…


 

Profile Kepala Daerah

profile kepala daerah

Agenda

-->

Sejarah Kabupaten Bandung

Media Informasi





Informasi Publik



Informasi Lelang



Suara Anda



Link Terkait

Web Statistic