Spotlight

Berita

Pembebasan Lahan Tol Butuh Waktu Lama

Posting 2010-01-26

    Untuk Kota Bandung, daerah yang akan dilintasi jalur tol adalah Kelurahan Gempol Sari dan Cigondewah Kidul, Kec. Bandung Kulon,kata Sekda Kab. Bandung H. Sofian Nataprawira, didampingi Kepala Dinas Bina Marga H. Sofyan Sulaeman, Senin (25/1). Menurut Sofian, lahan yang akan dibebaskan untuk rencana pembangunan tol Soroja seluas 111,57 ha. Desa-desa di Kab. Bandung yang akan dilintasi tol Soroja adalah Desa Mekarrahayu, Margaasih, Nanjung, Rahayu, dan Desa Cigondewah Hilir di Kec. Margaasih. Kemudian Desa Parungserab, Pamekaran, dan Sekarwangi (Kec. Soreang), Desa Kopo, Pameuntasan, dan Gajahmekar (Kec. Kutawaringin), serta Desa Katapang dan Pangauban (Kec. Katapang).

    Sesuai dengan hasil rapat pada Maret 2009 lalu, biaya pengadaan lahan tol Rp 265,6 miliar. Dana sebesar itu masing-masing dari APBN Rp 132,8 miliar, APBD Jabar Rp 65,8 miliar, APBD Kab. Bandung Rp 49 miliar, dan APBD Kota Bandung Rp 18 miliar. Jadwal pembebasan lahan berlangsung selama tiga tahun mulai tahun 2009-2011. Sebelum menginjak kepada pembayaran lahan, ada tiga belas tahapan yang harus dilalui, di antaranya pengukuran bidang, pemerincian tegakan, penetapan harga dan pemberkasan.

    Sementara Sofyan Sulaeman mengungkapkan, hingga awal Januari 2010, tahapan pembebasan lahan tol sudah menginjak kepada pengukuran bidang yang melibatkan Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kab. Bandung. Untuk sementara pengukuran terkonsentrasi di Kec. Margaasih sebagai daerah yang paling luas terkena pembebasan lahan tol.

    Biaya yang dibutuhkan untuk pembangunan tol Soroja tercatat Rp 1,3 triliun. Dengan tersedianya jalan tol Soroja, diharapkan tingkat kemacetan lalu lintas di jalur Soreang-Sayati-Kota Bandung bisa diminimalkan. Tol Soroja juga diprediksi bisa menumbuhkan tingkat perekonomian warga Bandung selatan, baik di bidang pertanian, industri rumah tangga, maupun pariwisata.

 

 

Sumber : Harian Umum Pikiran Rakyat, Selasa 26 januari 2010



 

Selanjutnya

Tunjangan Reses Rp 21 Juta

Posting 2010-01-26

    Rencana kenaikan tunjangan reses tersebut dibenarkan anggota Panitia Urusan Rumah Tangga (PURT) DPRD Kab. Bandung, Aep Saefullah, ketika ditemui di ruang kerjanya, Senin (25/1). Memang benar pembahasan hari ini (kemarin,) salah satunya soal rencana dana reses yang diusulkan…


Sebelumnya

Tebing Sungai Ciwidey Longsor

Posting 2010-01-26

    Akibatnya, sebagian fondasi enam rumah yang berada di bibir sungai ikut terbawa longsor. Dengan demikian, para penghuninya harus direlokasi ke tempat yang lebih aman. Empat rumah merupakan bangunan bilik dan dua rumah semipermanen yang rata-rata sebagian fondasinya sudah…


 

Profile Kepala Daerah

profile kepala daerah

Agenda

-->

Sejarah Kabupaten Bandung

Media Informasi





Informasi Publik



Informasi Lelang



Suara Anda



Link Terkait

Web Statistic