h. Potensi Pertanian & Perkebunan

Struktur Ekonomi Sektor Pertanian Kabupaten Bandung

Kamis, 05 Januari 2012

PENGEMBANGAN WILAYAH

Sektor pertanian di Kabupaten Bandung menempati urutan ketiga yang berkontribusi terhadap PDRB. Rata-rata pertumbuhan PDRB Pertanian mencapai 2,19 per tahun atau lebih rendah bila dibandingkan dengan sektor-sektor lainnya. Namun indeks pemusatan ekonomi di Kabupaten Bandung menempatkan sektor pertanian sebagai basis ekonomi yang akan memberikan kontribusi besar pengembangan wilayah di Kabupaten Bandung.
PERTUMBUHAN PDRB SEKTOR PERTANIAN
Sektor pertanian mengalami pertumbuhan positif dari sisi pertumbuhan PDRB setiap tahunnya. Rata-rata tumbuh 1,42% pada sub sektor bahan pangan dan hortikultura, 4,81% pada sub sektor perkebunan, dan 3,53% pada sub sektor kehutanan
 
   

Posisi Sektor Pertanian Kabupaten Bandung

 
  Diantara wilayah-wilayah lainnya, Kabupaten Bandung memiliki indeks produksi tinggi untuk komoditas palawija, hortikultura dan tanaman-tanaman obat, sementara untuk padi wilayah-wilayah lainnya memiliki indeks produksi yang lebih tinggi. Fakta ini menunjukkan bahwa titik berat pembangunan sektor pertanian Kabupaten Bandung harus diarahkan pada komoditas dengan indeks tinggi dengan asumsi distribusi pendapatan dari komoditas-komoditas ini merata pada setiap usahatani.
 
  


Lainnya