Berita

71 PNS Pemkab Bandung Ikuti Diklat Kompetensi Camat dan Barang Jasa

Rabu, 09 Mei 2012

Sedikitnya 71 Pegawai Negeri Sipil (PNS) lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung mengikuti Pendidikan Pelatihan (Diklat) Kompetensi Camat dan Barang Jasa.  Diklat tersebut dibuka secara resmi oleh Bupati Bandung H.Dadang Mohamad Naser, SH, S.Ip bertempat di Pudiklat Kemendagri Regional Bandung Jl. Sukajadi No.185 Bandung, Senin (07/5).
 
Menurut Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kab.Bandung, Drs. H.Erick Juriara E, M.Si  dasar pelaksanaan diklat ini diantaranya berpedoman pada Undang-undang Nomor 32 tahun 2004 Tentang Pemerintahan Daerah, Peraturan Pemerintah Nomor 101 Tahun 2000 Tentang Pendidikan dan Pelatihan Jabatan Pegawai Negeri Sipil, Peraturan Presiden Nomor 54 Tahun 2010 Tentang Pengadaan Barang dan Jasa serta Peraturan Bupati Bandung Nomor 60 Tahun 2011 tentang Pelimpahan Sebagian Urusan Pemerintahan Dari Bupati Kepada Camat.
 
Erick Juriara menyebutkan peserta  diklat  terdiri dari unsur Camat dan SKPD yang akan mengikuti pelatihan selama 5 (lima) hari mulai tanggal  7 s/d 11 Mei  2012.

     


Adapun mengenai materi teknis peningkatan kompetensi camat, Erick menyebutkan antara lain
meliputi tentang Sistem Pemerintahan Indonesia (Pancasila dan UUD 1945), Peran dan Tanggung Jawab Camat dalam Penyelenggaraan Pemerintahan di Kecamatan, Manajemen Pemerintahan, Optimalisasi Pelayanan Publik di Kecamatan, Teknik Analisa Potensi Wilayah Pemerintahan, Pembinaan dan Pengawasan Penyelenggaraan Pemerintahan Desa dan Kelurahan, Teknik Pencegahan Korupsi serta Pengembangan Kapasitas PNS. "Sementara materi untuk bidang barang dan jasa diantaranya mencakup  bagaimana peserta dapat mempersiapkan dan melaksanakan pengadaan barang jasa di lingkungan pemerintah dengan
baik dan benar….", tandas Erick.
 
Sedangkan untuk para narasumber dan widyaiswara, ditambahkan Erick berasal dari Badan Diklat Kemendagri, Pusdiklat Kemendagri Regional Bandung, Intitut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN), Kesbangpol Provinsi Jawa Barat dan Badan pemberdayaan Masyarakat Provinsi Jawa Barat.
 
Dalam sambutannya, Bupati Dadang Mohamad Naser mengatakan peran camat sangat strategis. Selaku pemimpin dan koordinator penyelenggaraan pemerintahan di kecamatan, dalam pelaksanaan tugasnya,  camat memperoleh pelimpahan kewenangan dari pemerintah daerah dan menyelenggarakan tugas umum pemerintahan.
 
Oleh karenanya Dadang memberikan apresiasi yang cukup tinggi terhadap diklat teknis yang telah diprogramkan oleh Pusdiklat Kemendagri ini. Menurutnya program tersebut memang sangat dibutuhkan dalam upaya mendukung peningkatan pengetahuan, keahlian, keterampilan dan sikap bagi para peserta sesuai tugas pokok dan fungsinya. " Sehingga tercipta profesionalisme birokrasi, peningkatan kompetensi dan kinerja aparatur dalam memberikan pelayanan prima kepada masyarakat..", tutur Dadang pula.




Sumber : Humas Setda Kabupaten Bandung
 


Lainnya