Berita

Kepentingan Ekonomi dan Lingkungan Punya Posisi Sama

Rabu, 06 Juni 2012

Bupati Bandung H. Dadang M. Naser, SH, S.Ip mengingatkan, permasalahan lingkungan hidup memiliki posisi yang sama pentingnya dengan permasalahan ekonomi. Keduanya harus sama-sama ditangani serius oleh pemerintah dan masyarakat. Mengingat kedua permasalahan tersebut bukan suatu hal yang terpisah.
 
"Sudah bukan zamannya lagi, tujuan ekonomi dan lingkungan hidup bertentangan, melainkan harus saling bersinergi dengan tujuan utamanya adalah kesejahteraan...", ucap H. Dadang M. Naser, SH, S.Ip saat membuka Pameran dan Bazaar Lingkungan Hidup di halaman Kantor BPLH (Badan Pengendali Lingkungan Hidup)-Soreang, Selasa (5/6). Bazaar diselenggarakan dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup se-Dunia Tahun 2012 Tingkat Kabupaten Bandung.
 
Pada peringatan lingkungan hidup kali ini, kegiatan yang dilakukan dititikberatkan kepada peningkatan kesadaran dan pemahaman seluruh komponen masyarakat di Kabupaten Bandung, untuk mengubah perilaku menjadi lebih berwawasan lingkungan. "Harus diingat, untuk menciptakan kondisi lingkungan yang bersih, sehat dan nyaman mesti dimulai dari diri kita sendiri, keluarga dan lingkungan yang lebih luas lagi...", kata Dadang M. Naser.
 
 


Salah satu langkah yang ditempuh Pemkab Bandung dalam upaya menggugah kesadaran akan lingkungan, dilakukan melalui pendekatan seni budaya sunda. Diantaranya pagelaran seni calung yang dibawakan SMP Negeri 2 Katapang. Tema yang diambil oleh kelompok seni tradisional dalam setiap penampilan, yaitu "Mulasara Lingkungan Ngaliwatan Budaya Sunda". Disamping penampilan tari yang bertemakan "Samping Aji Kahuripan".
 
Tarian tersebut menurut Kepala BPLH Kab. Bandung Ir. Atih Witartih, merupakan hasil kreativitas para siswa SMP Negeri 2 Dayeuhkolot, sebagai implementasi dari integrasi pembelajaran mulok (muatan lokal) seni tari dengan pembelajaran lingkungan hidup.
 
     


"Kreativitas anak-anak sekolah ini sangat luar biasa dalam rangka memberikan pembelajaran untuk mencintai lingkungan. Untuk itu, saya mengajak kepada sekolah lain untuk terus meningkatkan kreativitasnya dibidang lingkungan hidup...", kata Atih Witartih.
 
Kabid Pengendali Pencemaran Lingkungan, Windya Wardhani, ST, M.T menyebutkan, kegiatan dalam peringatan Lingkungan Hidup Tahun 2012 di Kabupaten Bandung, dilakukan dalam bentuk lomba pidato lingkungan hidup tingkat SMP, lomba cerdas cermat tingkat SMA, sosialisasi upaya konservasi air (teknomogi biopori), lomba sekolah bersih, pembersihan sungai, lomba RW bersih, uji emisi kendaraan bermotor. “Sedangkan puncak acara Hari Lingkungan Hidup akan berlangsung tanggal 18 Juni mendatang dalam bentuk upacara di Lapang Upakarti-Soreang...",ucap Windya.

 




Sumber : Humas Setda Kabupaten Bandung

Lainnya