Berita

Bupati Bandung Resmikan SDN Kertasari I

Minggu, 10 Juni 2012

Bupati Bandung H.Dadang Mohamad Naser, SH, S.Ip menyambut baik kerjasama yang dilakukan PT.PP London Sumatera (Lonsum) Indonesia Tbk dan RSUD Al-Ihsan Bandung  dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan dan kualitas kesehatan masyarakat di Kabupaten Bandung.
 
Hal itu disampaikan Dadang M.Naser saat meresmikan Sekolah Dasar Negeri (SDN) Kertasari I di Lapangan Sepakbola Desa Tarumajaya Kecamatan Kertasari, Sabtu (09/6). Tampak hadir Direksi PT.Lonsum Indonesia Muhamad Waras, Wakil Direktur RSUD Al-Ihsan dr.H.Agus Muharam,Kepala Dinas Pendidikan Kab.Bandung, Drs.H.Juhana, M.Pd, Kepala Dinas Pertanian, Kehutanan dan Perkebunan (Distanbunhut) Kab.Bandung Ir.H.A.Tisna Umaran, MP, Camat Kertasari, Cep Azis, Tokoh Masyarakat serta unsur Muspika Kecamatan Kertasari.
 
Peran aktif pihak swasta dalam pembangunan di Kabupaten Bandung, diakui Dadang Naser sebagai bentuk kepedulian dan kontribusi mereka untuk meringankan beban pemerintah daerah dalam mensejahterakan masyarakatnya.  " Oleh karenanya selaku kepala daerah, saya ucapkan terimakasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada PT.Lonsum dan Al-Ihsan yang telah berinisiatif menggelar kegiatan peduli kesehatan dan pendidikan bagi warga kertasari…", ucap Dadang Naser.
 
Dalam pandangan Dadang, kegiatan tersebut bisa berdampak positif terhadap peningkatan kualitas hidup masyarakat dan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kab.Bandung. " Melalui kegiatan ini saya berharap tingkat kualitas pendidikan dan kesehatan warga kertasari semakin baik..", ujarnya.
 
Sementara Muhamad Waras mengatakan program Corporate Social Responsibility (CSR) perusahaannya lebih mengutamakan pada peningkatan mutu pendidikan dan kualitas kesehatan warga Kabupaten Bandung khususnya warga sekitar perkebunan Lonsum. " Kami sengaja mengutamakan program tersebut dalam CSR kami, karena dengan pendidikan dan kesehatan yang baik bisa menjadi bekal anak-anak kita di masa depan..", ucap Muhamad Waras.
 
Program itu menurut Muhamad Waras diwujudkan dalam bentuk penyediaan sarana dan prasarana belajar yang baik serta memperbaiki sarana gedung sekolah di desa-desa sekitar perkebunan Lonsum. Satu diantaranya adalah merehabilitasi SDN Kertasari I yang menyerap dana senilai Rp.450.000.000,-. " Selain merehabilitasi gedung sekolah, kami juga memberikan bantuan ke berbagai sekolah berupa buku pelajaran, perlengkapan belajar mengajar, peralatan computer dan pemberian honor bagi guru bantu di sekolah-sekolah yang minim tenaga pengajarnya..", tambahnya pula.
 
Dalam peresmian tersebut digelar pula Pasar Murah dan Layanan Kesehatan Gratis bagi 100 ibu hamil, 200 balita, serta 200 orang warga untuk mendapatkan kupon berobat gratis. " Ini merupakan kerjasama kami dengan  RSUD Al-Ihsan Bandung untuk melakukan pemeriksaan dini terhadap ibu hamil dan balita..", tandas Muhamad.
 
Pada kesempatan lain, dr.Agus Muharam mengatakan bagi warga yang kurang mampu namun tidak memiliki biaya untuk berobat, Pemerintah Pusat, Provinsi dan Daerah sudah menyediakan anggaran untuk membiayai warga yang mempunyai keterbatasan ekonomi. Dijelaskan Agus, warga bisa berobat pada puskesmas atau klinik terdekat tanpa dipungut biaya sedikitpun.

Jika ada warga yang ingin berobat ke Rumah Sakit namun tidak memiliki Jamkesmas atau Gakinda, warga bisa menggunakan Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) rujukan dari RT/RW, Desa, dan Kecamatan, " Untuk RSUD Al-Ihsan SKTM cukup sampai ke tingkat kecamatan saja dan warga bisa berobat tanpa mengeluarkan biaya sedikitpun…", paparnya pula.




Sumber : Humas Setda Kabupaten Bandung

Lainnya