Berita

Salma Nadila dan Julian Sabet Moka Pinilih Kabupaten Bandung Tahun 2012

Rabu, 11 Juli 2012

Salma Nadila (Kec. Soreang) dan Julian Sina (Kec. Pasirjambu) ditetapkan sebagai Mojang Jajaka Pinilih I Tingkat Dewasa dalam Pasanggiri Mojang Jajaka Kabupaten Bandung Tahun 2012. Keduanya berhak mendapatkan piala penghargaan dan hadiah masing-masing berupa sepeda motor yang diserahkan langsung Bupati Bandung H. Dadang M. Naser, SH, S.Ip di Gedung Moch. Toha-Soreang, Selasa (10/7).
 
Pada kesempatan yang sama, H. Dadang M. Naser menyerahkan pula piala penghargaan kepada Helmi, S.Ag, yang berhasil meraih juara pertama sayembara desain batik khas Kabupaten Bandung. Dengan judul "Anonim", Helmi yang juga warga Kecamatan Kutawaringin berhasil menyisihkan peserta lainnya dalam sayembara tersebut yang baru pertama kali diselenggarakan di Kabupaten Bandung.
 
"Prestasi yang berhasil diraih oleh peserta pasanggiri moka maupun sayembara desain batik, diharapkan mampu memberikan kontribusi positif terhadap kemajuan Kabupaten Bandung khususnya dalam pembangunan kepariwisataan...", harap Dadang M. Naser.
 
Diakui obyek wisata alam yang ada di Kabupaten Bandung kini sudah mulai dikenal diluar daerah. Obyek wisata tersebut sebagian besar berada di bagian selatan Kabupaten Bandung mulai dari Kecamatan Pasirjambu, Ciwidey, Rancabali dan Pangalengan.
 
Penilaian terhadap peserta pasanggiri mojang jajaka, menurut Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Dispopar) Kabupaten Bandung Drs. H. Akhmad Djohara, M.Si masing-masing dilihat dari aspek kecerdasan (brain), kepribadian (behaviour) dan kecantikan (beauty). "Ketiga aspek ini harus dinilai secara menyeluruh, jadi tidak benar kalau pasanggiri ini hanya mengandalkan aspek kecantikan semata...", kata Akhmad Djohara.
 
Sebelum memasuki grand final pasanggiri, peserta menurut Akhmad Djohara harus mengikuti karantina selama tiga hari diseputar obyek wisata Patuha. Selama dikarantina, mereka diwajibkan mengikuti berbagai kegiatan fisik maupun non fisik. "Dari hasil kegiatan itu, tersaring sebanyak 40 peserta pasangan moka tingkat remaja dan dewasa, sedangkan jumlah awalnya sekitar 241 orang yang datang dari 31 kecamatan di Kabupaten Bandung...", tuturnya.
 
Kepada peserta yang berhasil meraih moka pinilih I, baik dewasa maupun remaja menurut Akhmad Djohara wajib mengikuti Pasanggiri Moka tingkat Jawa Barat yang rencananya akan diselenggarakan sekitar September mendatang.
 
Adapun hasil Pasanggiri Mojang Jajaka Kabupaten Bandung Tahun 2012, masing-masing, tingkat remaja juara I. Pasangan Intan Aprilia/ Nur M. Gifari (Kec. Solokanjeruk/ Kec. Rancaekek), II. Sanian Nurbayati/ Valeri Nizar (Kec. Cicalengka/ Kec. Soreang) dan juara III. Diana Fadilah/ Cep Bubun (Kec. Cicalengka/ Kec. Cicalengka).
 
Tingkat dewasa, juara I. Pasangan Salma Nadila/ Julian Sina (Kec. Soreang/ Kec. Pasirjambu), II Rina Juliana/ Trimans Yogiana (Kec. Dayeuhkolot/ Kec. Pameungpeuk) dan juara III. Ratifika/ Fikri Subina (Kec. Margahayu/ Kec. Katapang).




Sumber : Humas Setda Kabupaten Bandung

Lainnya