Spotlight

Berita

Untuk Kedua Kalinya Kabupaten Bandung Raih Adiupaya Puritama

Posting 2012-10-08

Penghargaan Adiupaya Puritama dibidang perumahan, kembali diraih Kabupaten Bandung Tahun 2012. Penghargaan diserahkan Deputi Bidang Pengembangan & Pengawasan Kementerian Perumahan Rakyat (Kemenpera) RI, Hasadin Sitepu kepada Bupati Bandung H. Dadang Mochamad Naser, SH, S.Ip pada Malam Resepsi Hari Perumahan Nasional yang berlangsung di Hotel Bidakara Jakarta, Jum'at (5/10).

Pada tahun 2008/2009 lalu, penghargaan yang sama pernah pula diraih Kab. Bandung saat dipimpin Bupati H. Obar Sobarna, S.Ip. "Pada tahun 2008/2009, Kab. Bandung meraih juara pertama peraihan Adiupaya Puritama, disusul juara II Tahun 2011, dan tahun 2012 Kab. Bandung kembali meraih juara pertama untuk tingkat kabupaten se-indonesia..",ucap Kepala Dinas Perumahan Tata Ruang dan Kebersihan (Dispertasih) Kab. Bandung Drs. Slamet Mulyana.

Dalam siaran persnya yang dikeluarkan Humas Kemenpera RI menyebutkan, peraih Adiupaya Puritama thn. 2012 untuk tingkat Kabupaten Bandung, juara I diduduki Kabupaten Bandung (Propinsi Jawa Barat), juara II Kabupaten Malang (Prop. Jawa Timur), juara III Kabupaten Sleman (Prop. D.I.Y Yogyakarta).

Sementara untuk kategori pemerintah kota Metropolitan/besar, posisi pertama diduduki Kota Bandung (Prop. Jabar), posisi II Kota Padang (Prop. Sumatera Barat) dan III Kota Makasar (Prop. Sulawesi Selatan).

Menteri Perumahan Rakyat RI Djan Faridz menyebutkan, tujuan dari Adiupaya Puritama antara lain penganugrahan kepada para pemangku kepentingan bidang perumahan dan kawasan permukiman yang telah mengupayakan pemenuhan kebutuhan rumah yang layak terutama bagi masyarakat berpenghasilan rendah secara berkesinambungan dalam lingkungan yang aman dan sehat. Menurutnya ada enam kategori penghargaan Adiupaya Puritama, antara lain, pelaku pembangunan, pengelola rusunawa, swasta, individu/organisasi, pemerintah daerah dan LPK.

Pada kesempatan tersebut turut hadir mantan Menpera RI, masing-masing Suharso Manoarfa dan Yusuf Asy'ari, Gubernur Jawa Barat H. Ahmad Heryawan.adalah satu langkah yang ditempuh Pemkab Bandung dalam membantu masyarakat berpenghasilan rendah, diantaranya dilakukan melalui perbaikan rumah tidak layak huni (Rutilahu). Sejak Tahun 2006 s/d 2012, jumlah rutilahu di Kab. Bandung yang telah diperbaiki sebanyak 6.132 unit dengan menghabiskan biaya senilai Rp. 26.022.247.666,- atau 26 milyar lebih. "Pembiayaan untuk perbaikan rutilahu ini , berasal dari APBD Kab. Bandung, APBD Propinsi Jawa Barat dan APBN...",ucap Slamet Mulyana.

Sementara Bupati Bandung H. Dadang Mochamad Naser menyebutkan, Pemkab Bandung akan terus mengupayakan perbaikan rutilahu pada tahun-tahun mendatang. Hal ini menurutnya telah menjadi program Pemkab Bandung yang terangkum dalam "Sabilulungan Raksa Desa ". Mulai dari perbaikan rumah, air bersih, kakus/jamban keluarga, penanganan sampah dan pelestarian alam sekitar.




Sumber : Humas Setda Kabupaten Bandung



 

Selanjutnya

PNPM Mandiri Perdesaan Di Kabupaten Bandung Serap Dana 15 Milyar Lebih

Posting 2012-10-09

Untuk tahun 2012, Kabupaten Bandung memperoleh alokasi dana Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri Perdesaaan senilai Rp. 15.835.669.450,-. Dana sebesar itu digunakan untuk pembangunan infrastruktur/ fisik dan modal koperasi simpan pinjam perempuan di 11 kecamatan yang meliputi 105 desa.…


Sebelumnya

Pengadilan Agama Agar Berikan Penyuluhan Hukum

Posting 2012-10-05

Bupati Bandung H. Dadang M. Naser, SH, S.Ip meminta kepada jajaran Pengadilan Agama agar aktif melakukan penyuluhan hukum kepada masyarakat. Hal ini perlu dilakukan, agar masyarakat bisa lebih mengetahui tentang hak dan kewajiban sebagai warga negara didepan hukum.


 

Profile Kepala Daerah

profile kepala daerah

Agenda

-->

Sejarah Kabupaten Bandung

Media Informasi





Informasi Publik



Informasi Lelang



Suara Anda



Link Terkait

Web Statistic