Berita

SOTK Pemkab Tumpang Tindih

Kamis, 15 Juli 2010

      Wakil Ketua DPRD Kab. Bandung, H. Sugiyanto, di Gedung M. Toha, Rabu (14/7) mengatakan bahwa Perubahan SOTK merupakan prioritas DPRD Kab. Bandung.

      Sugiyanto menilai ada beberapa dinas yang perlu dibenahi, seperti Dinas Sosial Kependudukan dan Catatan Sipil (Dinsosdukcasip). "UU No. 23/2006 tentang Administrasi Kependudukan mensyaratkan pendirian instansi tersendiri untuk kependudukan dan catatan sipil".

       Selain itu, SOTK Dinas Pemuda, Olah Raga, dan Pariwisata (Dispopar) serta Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) juga perlu disempurnakan. Satuan Kerja Pemerintah Daerah (SKPD) harus sesuai dengan instansi-instansi di Pemprov Jabar ataupun pemerintah pusat. Kalau tidak sesuai akan membuat persoalan, khususnya dalam koordinasi dan kesinambungan program.

       Sugiyanto juga melihat perlunya penambahan perusahaan daerah (PD) semisal PD Pasar ataupun PD Kebersihan yang saat ini masih di bawah kendali dinas. Kabupaten Bandung baru memiliki dua PD yakni PDAM dan PD Bank Perkreditan Rakyat. Tentu pendirian PD-PD baru harus melalui pembahasan yang matang agar tidak menjadi beban baru bagi pemerintah.

Sumber : Harian Umum Pikiran Rakyat, Edisi Kamis 15 Juli 2010

Lainnya