Berita

Calon Kepala Desa tak Dipungut Biaya

Senin, 11 Februari 2008

    Pada Januari, hanya Desa Panundaan, Kec. Ciwidey yang tertahan bantuan pilkadesnya. Sementara itu, untuk pelaksanaan pilkades pada Februari dan Maret, kami belum menerima proposal secara lengkap. Yang jelas, terdapat 45 desa yang menggelar Pilkades 2008,kata Kepala Bagian Otonomi Daerah Setda Pemkab Bandung Erick Juriara, didampingi Asisten Sekda Bidang Tata Praja Wachdan Y. Prawirakusuma. Bantuan Pemkab Bandung untuk pilkades itu hanya tertahan sementara dan pasti akan dikucurkan setelah APBD 2008 disahkan nanti.

    Sementara itu, Wachdan Y. Prawirakusuma menegaskan, meskipun dana bantuan pilkades belum dapat dicairkan bukan berarti panitia pilkades menghalalkan segala cara untuk mendapatkan dana pilkades. Peraturan pilkades sesuai dengan Perda No. 8/2006 harus tetap dilaksanakan. Ia meminta agar camat berperan aktif dalam menanggulangi permasalahan itu. Camat harus memastikan bahwa pelaksanaan pilkades di wilayahnya tidak akan terganggu.

    Sejak diberlakukannya Perda No. 8/2006 tentang Pencalonan, Pemilihan, Pelantikan, dan Pemberhentian Kepala Desa, seluruh pelaksanaan pilkades di Kab. Bandung dibiayai sepenuhnya Pemkab Bandung sesuai dengan jumlah hak pilih. Besaran bantuan dihitung sebesar Rp 5.000,00/pemilih dan berlaku mulai saat pelaksanaan pemilihan hingga pelantikan kepala desa. Khusus untuk jumlah hak pilih di bawah 3.000 orang akan diberi tambahan bantuan sebesar Rp 5 juta, sedangkan jumlah hak pilih 3.000-5.000 orang diberikan tambahan sebesar Rp 3 juta.

    Ketua Komisi A DPRD Kab. Bandung Denni Rukada Sahuri membenarkan, banyak panitia pilkades yang menghubungi dirinya dan menanyakan nasib bantuan pelaksanaan pilkades yang tak kunjung turun. Pemkab Bandung diharapkan dapat memberikan dana talangan untuk pelaksanaan pilkades tersebut karena dalam kondisi darurat. Semua pihak diminta melaksanakan pilkades sesuai dengan prosedur tanpa merugikan pihak lain, salah satunya calon kades.

    Desa Cihanyir, Kec. Cikancung adalah salah satu desa yang akan menggelar pilkades pada Minggu (17/2). Menurut Camat Cikancung Rulli Hadiana, camat dan panitia pilkades berupaya menghimpun dana pinjaman dari sejumlah masyarakat, salah satunya pengusaha, untuk menalangi dana pilkades tersebut. Jumlah hak pilih untuk pilkades di Cihanyir berjumlah 3.500 orang. Dengan demikian, jumlah bantuan dari Pemkab Bandung yang sedianya diturunkan sekitar Rp 17,5 juta.

 

Sumber : Harian Umum Pikiran Rakyat, Senin 11 Februari 2008 

Lainnya