Anggaran tak Terserap Diajukan Lagi

Jumat, 30 Januari 2009

Dinas yang paling banyak memiliki anggaran yang tidak terserap di tahun 2008 itu adalah Dinas Pendidikan. Nilai anggaran yang diajukan kembali untuk tahun 2009 sebesar Rp 23,21 miliar. Diikuti oleh dana bantuan keuangan DPPK senilai Rp 12,16 miliar, dana Sekretariat Daerah untuk penyertaan modal Rp 5 miliar, Dinas Pertamanan dan Kebersihan Rp 1,15 miliar, Dinas Kesehatan Rp 836 juta, dan Dinas Sumber Daya Air, Pertambangan dan Energi Rp 359 juta. Selain anggaran di dinas, juga terdapat dana perimbangan desa tahun 2008 yang dialihkan ke 2009, sebesar Rp 7,99 miliar. Dana itu sedianya diberikan kepada 69 desa se-Kab. Bandung.

Dari anggaran yang diajukan itu, banyak yang merupakan bantuan keuangan yang masuk pada perubahan anggaran sehingga belum terserap di tahun 2008. Namun, banyak juga anggaran yang berasal dari APBD murni, kata Arifin Sobari, Kamis (29/1).

Menurut Arifin, jika anggaran dari APBD murni tidak terserap atau programnya tidak terlaksana, artinya SKPD yang bersangkutan memiliki masalah dengan efektivitas kerja dan daya serap anggaran. Hal seperti itulah yang akan menjadi perhatian DPRD, sebelum diputuskan apakah anggaran itu akan disetujui atau tidak.

Tentunya kami akan bertanya, kenapa anggaran itu tidak terserap atau kenapa programnya tidak terlaksana. Biasanya, walaupun sebuah program tidak terlaksana, biaya umumnya tetap habis. Biaya umum itu nilainya bisa mencapai 10 sampai 20 persen dari nilai program.

Penilaian dan pengkajian kinerja SKPD itu, kata Arifin, juga akan dikaitan dengan program penghematan anggaran. Jika sebuah SKPD dinilai tidak layak untuk meneruskan program yang tertunda di 2008, anggaran yang diajukan akan digunakan untuk program lain yang lebih penting, dan dinilai bisa terlaksana di 2009.

Sumber : Harian Umum Pikiran Rakyat, Jumat 30 Januari 2009

BERLANGGANAN
BERITA LAINNYA
Satuan Tugas (Satgas) penegakkan Peraturan Daerah (Perda) nomor 13 Tahun 2017 tentang Kawasan
Dalam Undang-Undang (UU) Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan, ditegaskan bahwa setiap masyarakat m