Bupati R. APANDI WIRADIPUTRA Periode 1956-1957

Jumat, 03 Februari 2012


R. APANDI WIRADIPUTRA
Periode 1956-1957


Pada tahun 1956 beliau diangkat menjadi Bupati Bandung untuk menggantikan R.Tumenggung Male Wiranatakusumah yang akan dipindahtugaskan, tetapi tiba-tiba tersebar berita disurat kabar bahwa Bupati R.T.M Wiranatakusumah tidak jadi dipindahkan tetapi hanya dipindahkan ke Kantor Gubernur sebagai Bupati yang diperbantukan. Sebagai aksi atas berita itu, DPRDS Kabupaten Bandung mengadakan sidang pada tanggal 5 Maret 1956, khusus untuk membicarakan masalah tersebut, hasil dari sidang itu menyatakan bahwa DPRDS keberatan atas kepindahan R.T.Male Wiranatakusumah.

Respon dari rencana kepindahan tersebut, masyarakat Kabupaten Bandung mengadakan demonstrasi dihalaman Pendopo Kabupaten Bandung yang menuntut dipertahankannya R.T. Male Wiranatakusumah sebagai Bupati Bandung, Menteri Dalam Negeri dan Dewan Pemerintah Daerah.

Namun pemerintah pusat sudah terlanjur mengangkat R. Apandi Wiradiputra sebagai Bupati Bandung, sehingga Menteri Dalam Negeri yang pada saat itu dijabat Mr. Sunaryo memutuskan R.T. Male Wiranatakusumah dpindahkan dan diberikan gelar menjadi Raden Lampung.

Dengan adanya kesepakatan itu maka persoalan Bupati Bandung sudah terselesaikan dengan diterima R. Apandi Wiradiputra sebagai Bupati Bandung. tri Tenun. Pada saat Rd.Tumenggung Wiranatakusumah mau dialih tugaskan ada demontrasi rakyat yang mengusulkan supaya beliau tetap jadi bupati Kabupaten Bandung.

Sumber : Penelusuran Sejarah Pemerintah Kabupaten Bandung Tahun 1846 - 2010

BERLANGGANAN
BERITA LAINNYA
“Sudah saatnya pemberdayaan koperasi digalakkan, kesempatan ini harus dimanfaatkan sebagai pel
Kecamatan Margahayu, yang mewakili Kabupaten Bandung pada Penilaian Sinergitas Kinerja Kecamatan tin