Bupati Raih TOP Pembina BUMD 2019

Kamis, 02 Mei 2019

Bupati Bandung H. Dadang M. Naser meraih penghargaan sebagai TOP Pembina BUMD (Badan Usaha Milik Daerah) 2019. Penghargaan diterima oleh Asisten Ekonomi dan Kesejahteraan (Ekjah) Kabupaten Bandung H. Marlan dari Ketua Penyelenggara TOP BUMD 2019 Lutfi Handayani di The Sultan Hotel Jakarta, Senin (29/4/2019). Di ajang yang sama, Perseroan Terbatas (PT) Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Kerta Raharja juga meraih penghargaan untuk Kategori TOP BPR KU III.

Menurut Asisten Ekjah, penghargaan diterima bupati karena dipandang cukup sukses membina PT. BPR Kerta Raharja, sebagai salah satu bank milik pemerintah daerah yang dinilai memiliki kinerja baik.

“Sampai dengan Tahun 2018, penyertaan modal yang sudah dilakukan yaitu sekitar 34 miliar. Tapi aset BPR nya sendiri sudah di atas 300 miliar, sehingga dipandang bahwa kinerja BPR cukup baik dan Pak Bupati mendapat penghargaan sebagai Pembina,” ungkap Asisten Ekjah disela-sela acara Penutupan Bulan Dana PMI di RM Panyaungan Banjaran, Selasa (30/4/2019).

Terkait pembinaan di bidang perbankan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung telah memenuhi segala kewajiban yang harus dipenuhi pemerintah daerah. Hal itu, menurut Marlan menjadi penilaian tersendiri dari tim juri pada ajang yang digelar Majalah TopBusiness tersebut.

“Pembinaan yang sudah dilakukan Pemkab pertama jelas penguatan modal, yaitu melalui penyertaan. Kedua, bagaimana merubah image yang dulunya BPR ini sebagai bank yang pernah kolaps sekarang bangkit menjadi salah satu bank dengan status sehat,” tutur Marlan.

Status itu dikuatkan dengan pandangan yang dikeluarkan Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Ia menyebut BPR Kerta Raharja dipandang OJK mempunyai prospek. “Selain itu ditambah juga dengan adanya dorongan, untuk merubah status BPR dari perusahaan daerah menjadi PT. OJK memandang hal ini sebagai terobosan, sehingga masyarakat atau siapapun bisa ikut sebagai pemegang saham karena BPR sudah menjadi PT,” terangnya pula.

Sebanyak 1.149 BUMD dari seluruh Indonesia disaring dan diseleksi menjadi 200. Kemudian sebanyak 162 BUMD menjadi finalis TOP BUMD 2019, dan mendapatkan proses penilaian secara lengkap untuk mendapatkan penghargaan TOP BUMD of the Year 2019 (Best of the Best). Jumlah ini meningkat 10% dari tahun lalu yaitu 130 peserta.

Pemimpin Divisi Umum PT BPR Kerta Raharja Bayu Andriatna menerangkan, TOP BUMD adalah satu-satunya kegiatan corporate rating (penilaian kinerja BUMD), yang terbesar dan paling komprehensif di Indonesia.

“TOP BUMD merupakan penghargaan yang diberikan kepada BUMD-BUMD terbaik di Indonesia , atas achievement (prestasi) dan improvement (perbaikan) yang telah dilakukan, terkait kinerja bisnis, layanan dan kontribusi terhadap perekonomian daerah,” ungkap Bayu.

Kegiatan TOP BUMD 2019, lanjutnya, dilakukan untuk mendukung program dan kebijakan pemerintah pusat dan daerah, guna mempercepat kinerja BUMD dan pembangunan perekonomian di daerah. Ajang tersebut diselenggarakan oleh Majalah TopBusiness bekerjasama dengan Asia Business Research Center, serta beberapa lembaga Tim Penilai seperti Sumisho Global Logistics (SGL) Management, Sinergi Daya Prima, Dwika Consulting, Melani K. Harriman & Associate, Harvard Business Review - Intellectual Business Community, dan Alvara Strategi Indonesia.

“Raihan prestasi dari Pak Bupati dan BPR Kerta Raharja ini merupakan kedua kalinya, setelah yang pertama di tahun 2017,” pungkas Bayu.

Sumber: Humas Pemkab Bandung

BERLANGGANAN
BERITA LAINNYA
Dalam rangka meningkatkan pelayanan publik di tingkat desa, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung me
Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Bandung menyatakan sangat mendukung program Bupati Band