HPN 2018, Momentum Pers Dalam Menjaga Stabilitas Negara dan Masyarakat

Senin, 12 Februari 2018

Pers Sebagai Alat Pemersatu Bangsa Hari Pers Nasional (HPN) yang bertepatan dengan Hari Ulang Tahun PWI (Persatuan Wartawan Indonesia) diperingati pada tanggal 9 Februari setiap tahunnya.

Seperti pada peringatan HPN 2017 lalu di Kota Ambon Provinsi Maluku, penyelenggaraan HPN tahun ini yang dipusatkan di Kota Padang Provinsi Sumatera Barat juga diisi dengan berbagai kegiatan dan melibatkan pemerintah, masyarakat dan insan pers tanah air.

Ajang silahturahmi dan penyatuan pemikiran untuk kemajuan pers ini, merupakan agenda tahunan terbesar dan paling bergengsi bagi komponen pers Indonesia.

Maka dari itu perayaan HPN selalu digelar di lokasi yang berbeda-beda setiap tahunnya dengan tujuan memberikan manfaat dan kemajuan bagi potensi-potensi daerah yang menjadi tuan rumah.

Terkait hal tersebut, Bupati Bandung H. Dadang M. Naser, S.H, S.Ip, M.Ipol memberikan ucapan selamat Hari Pers Nasional kepada para insan pers khususnya bagi media, baik cetak, elektronik maupun online, yang menyajikan pemberitaan terkait wilayah Kabupaten Bandung.

“Saya atas nama Pemerintah Kabupaten Bandung mengucapkan selamat Hari Pers Nasional, semoga di usia ke-32 ini baik media maupun insan pers di dalamnya semakin tumbuh dewasa dan semakin terdepan sekaligus terpercaya dalam memberikan informasi kepada khalayak, terutama bagi masyarakat Kabupaten Bandung,” ucap Dadang M. Naser.

Bupati yang kerap disapa Kang DN ini menyatakan harapannya agar pers berimbang dalam menyajikan pemberitaan agar informasi yang berkembang di masyarakat tidak menimbulkan situasi yang tidak kondusif.

Seiring dengan tema ‘Pers Sebagai Alat Pemersatu Bangsa’, Dia juga mengajak pers untuk ikut serta menjaga stabilitas keamanan di Indonesia khususnya wilayah Kabupaten Bandung terutama dalam situasi politik yang saat ini tengah menghangat.

“Kepada awak media, Saya harapkan untuk selalu melakukan cek dan ricek pada saat akan memberitakan sebuah informasi, sumbernya harus jelas dan terpercaya agar tidak menimbulkan kemungkinan berkembangnya persepsi yang salah di masyarakat, baik saat menyampaikan informasi terkait pemerintahan maupun kondisi sosial yang ada di masyarakat itu sendiri. Stabilitas keamanan dan keutuhan negara harus sama-sama kita jaga apalagi dalam situasi politik menjelang pilkada seperti sekarang,” imbuhnya.

Kemitraan pemerintah dan media sampai saat ini diharapkan terus terjalin dan semakin ditingkatkan. Dia juga menilai peran pers sangat besar dalam mensosialisasikan program-program yang dijalankan Pemkab Bandung kepada masyarakat.

“Pemkab Bandung dalam menjalankan program kerja dan dalam menuangkan kebijakan tentu sangat terbantu dengan pemberitaan yang disebarkan oleh media. Untuk itu saya mengucapkan banyak terima kasih atas kemitraan yang telah terjalin sampai saat ini, semoga kerjasama ini dapat terus ditingkatkan di masa-masa yang akan datang,” harap Kang DN.

Sementara itu Wakil Bupati Bandung H. Gun Gun Gunawan, S.Si, M.Si menambahkan agar pers dan media mampu menjaga dan meningkatkan profesionalisme serta memberikan informasi yang baik serta mengedukasi masyarakat.

“Momen HPN ini diharapkan menjadi landasan bagi pers dan media untuk mampu menjaga dan meningkatkan profesionalisme serta senantiasa menyajikan informasi yang baik dan memberikan edukasi kepada masyarakat terutama kalangan anak dan remaja, karena saat ini siapapun bisa mengakses pemberitaan jenis apapun lewat media online dengan mudah,” ulas Wabup.

Media online dan media sosial sudah menjadi santapan sehari-hari masyarakat.

Bahkan orang dewasa sekalipun, menurut Gun Gun, jika terus menerus disajikan informasi negatif apalagi berita hoax maka akan menimbulkan konflik dan keresahan.

“Berita negatif yang terus menerus apalagi yang bersifat hoax akan berpengaruh buruk pada orang dewasa sekalipun, apalagi pada kalangan anak dan remaja. Selain peran orangtua, pers dapat meredam kemungkinan konflik atau keresahan yang berkembang di masyarakat dengan menyajikan berita yang berimbang dan tidak meresahkan, apalagi sampai menimbulkan perpecahan,” tambah Gun Gun.

Sekretaris Daerah Kabupaten Bandung Ir. H. Sofian Nataprawira, MP. mengungkapkan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada media dan insan pers baik nasional maupun lokal. Tercapainya visi misi dan prioritas program pembangunan Kabupaten Bandung tidak bisa dilepaskan dari andil media.

“Terwujudnya pembangunan di bidang SDM, Infrastruktur, Ekonomi, Pangan dan Lingkungan di Kabupaten Bandung tidak bisa dilepaskan dari andil media. Fungsi media sebagai kontrol sosial terhadap pemerintah diharapkan mampu meningkatkan kinerja birokrasi pemerintah daerah dalam upaya mewujudkan kesejahteraan masyarakat khususnya di Kabupaten Bandung,” urai Sekda.

Sofian mengharapkan media sebagai wadah pemberitaan bisa secara profesional dan proporsional memberikan informasi kepada masyarakat sekaligus menjalankan fungsi edukasi dalam berbagai permasalahan sosial yang berkembang.

Press Release Kominfo Setda.

BERLANGGANAN
BERITA LAINNYA
Pajak merupakan salah satu sumber utama pembiayaan serta penerimaan negara dan daerah dalam anggaran
Peralihaan Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kecamatan, harus mampu m