Kafilah Kabupaten Bandung, Ikuti STQH XVI Jabar

Selasa, 30 April 2019

Kabupaten Bandung akan mengikuti Seleksi Tilawah Qur’an dan Hadits (STQH) XVI Tingkat Provinsi Jawa Barat (Jabar) Tahun 2019. Ajang yang akan digelar di Pusat Dakwah Indonesia (Pusdai) Bandung tersebut dibuka pada 28 April, dan berlangsung sampai 4 Mei 2019.

Bupati Bandung H. Dadang M. Naser melepas 65 orang kafilah yang terdiri dari 22 peserta, 20 pembina dan 23 official tersebut. Ia mengapresiasi pembinaan yang telah dilakukan para pengurus Lembaga Pengembangan Tilawah Qur’an (LPTQ) Kabupaten Bandung.

“Atas nama pribadi dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung, saya menyampaikan apresiasi dan penghargaan setinggi-tingginya kepada para pengurus LPTQ. STQH tingkat Jabar ini tentunya telah melalui persiapan yang tidak singkat, dalam menggali dan mencetak potensi-potensi terbaik di bidang tilawah Qur’an,” ucap Bupati Dadang Naser disela-sela acara Pelepasan Kafilah STQH Kabupaten Bandung di Rumah Jabatannya di Soreang, Jum’at (26/4/2019).

Pelaksanaan STQH, kata dia, merupakan wujud nyata dari visi dan misi pembangunan Kabupaten Bandung, yaitu peningkatan sumber daya manusia yang religius.

“Bersama Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Bandung, kami juga membina para Pegawai Negeri Sipil (PNS) Kabupaten Bandung. Apakah bacaan Al Qur’an nya sudah benar, baik dari segi pelafalan dan pemahamannya. Termasuk saya ketika menjadi imam, tolong dikoreksi jika ada pelafalan yang menurut ilmu tajwidnya kurang pas,” tutur dia.

Keikutsertaan dalam ajang tersebut, lanjut Dadang Naser, tidak semata-mata berkaitan dengan raihan juara. Namun lebih dari itu, kata dia, bagaimana Al Qur’an di syi’arkan melalui tilawah pendalaman makna dan pengamalannya.

“Menjadi juara jangan dijadikan target utama, namun esensi dari tilawah itu sendiri adalah bagaimana kita memahami isi kandungan Al Qur’an, serta bagaimana kita mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari,” imbuh dia.

Namun demikian ia mendo’akan, agar seluruh peserta dapat termotivasi untuk berjuang memberikan yang terbaik pada ajang tersebut. Terlebih lagi dengan telah diraihnya juara 1 Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) oleh Salman Amrillah.

“Apa yang telah diraih Ananda Salman Amrillah, mudah-mudahan menjadi motivasi tersendiri bagi para peserta asal Kabupaten Bandung. Kita semua mendo’akan agar para peserta dapat memberikan yang terbaik, dan gelar juara umum pada STQH XV Tahun 2017 lalu tetap kita pertahankan,” harap Dadang.

Sementara itu Ketua Kafilah STQH Kabupaten Bandung H. Marlan mengungkapkan, pada event kali ini Kabupaten Bandung akan mengikuti seluruh cabang yang diperlombakan.

“Seluruh cabang kita ikuti, di antaranya Kategori Tilawah Qur’an tingkat anak dan dewasa (putra dan putri), Hifdzil Qur’an dan Tilawah 1, 5, 10, 20 dan 30 juz (putra dan putri), Tafsir Bahasa Arab (putra dan putri) serta kategori Hafalan 100 Hadits dan Sanad (putra dan putri),” terang Marlan.

Sumber: Humas Pemkab Bandung

BERLANGGANAN
BERITA LAINNYA
Bupati Bandung H. Dadang M. Naser mengingatkan para istri Aparatur Sipil Negara (ASN) yang tergabung
Pada tahun 2001 Ronny Nopirman, seorang warga Kecamatan Baleendah, memiliki sebuah mobil tua merk Ci