Kloter Haji Pertama, Akan Dilepas 6 Juli

Rabu, 03 Juli 2019

Calon jama’ah haji asal Kabupaten Bandung, akan segera diberangkatkan ke tanah suci. Jama’ah yang terbagi ke dalam enam kelompok terbang (kloter) tersebut, secara resmi akan dilepas pada 6 Juli 2019.

“Sebanyak 404 orang jama’ah masuk ke dalam Kloter 1 Kabupaten Bandung, atau Kloter 3 Jawa Barat (Jabar). Hari ini merupakan manasik terakhir tingkat Kabupaten Bandung, sekaligus penglepasan calon jama’ah haji secara umum,” ungkap Bupati Bandung H. Dadang M. Naser disela-sela acara Pelatihan Manasik Haji Massal II tingkat Kabupaten Bandung di Masjid Agung Al Fathu Soreang, Selasa (2/7/2019).

Pada musim haji tahun ini Kabupaten Bandung akan memberangkatkan total 2.578 orang calon jama’ah haji. Bupati mengucapkan selamat kepada para jama’ah, yang mendapatkan panggilan dalam musim haji pada tahun ini.

“Alhamdulillah jama’ah kita tiap tahun cukup banyak, ini merupakan wujud ketaqwaan rakyat Kabupaten Bandung dalam menyempurnakan rukun Islam yang ke lima. Warga Kabupaten Bandung yang mendaftar tahun ini, harus menunggu 14 tahun untuk berangkat ke tanah suci. Oleh karena itu, bagi yang bisa berangkat pada musim haji tahun ini sudah sepatutnya bersyukur,” tutur Bupati Dadang Naser.

Terbatasnya kuota haji Indonesia pada tahun ini tambah Dadang Naser, dibatasi oleh pemerintahan Arab Saudi. Ia berpesan agar kesempatan ini dipergunakan sebaik-baiknya oleh para jama’ah.

“Kepada yang mendapatkan panggilan, saya ucapkan selamat jalan, selamat berjuang dan berjihad di jalan Allah. Semoga pulang kembali ke tanah air, menjadi masyarakat yang patut diteladani dan memiliki tanda-tanda kemabruran,” ucapnya pula.

Selepas menunaikkan ibadah haji, para jama’ah akan bergabung dengan Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI). “Selain menjalin silaturahmi, bergabung dengan IPHI dimaksudkan agar setiap jama’ah tetap terjaga kemabrurannya,” imbuh Dadang.

Terkait pelatihan manasik terakhir itu, dirinya berpesan agar dimanfaatkan untuk lebih memantapkan pada saat pelaksanaan yang sesungguhnya di tanah suci nanti. “Enam kali latihan di tiap KUA kecamatan, ditambah pemantapan sebanyak dua kali di tingkat Kabupaten. Semoga dengan mengikuti manasik ini, langkah dan keyakinan kita lebih mantap pada saat di tanah suci nanti,” harapnya.

Sementara itu Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Bandung Drs. H. Asep Ismail, M.Si menambahkan, seluruh calon jama’ah haji Kabupaten Bandung akan dilepas di Lapangan Udara (Lanud) Sulaeman Kecamatan Margahayu secara bertahap.

“Untuk Kloter 1 atau Kloter 3 Jabar dilepas pada 6 Juli, Kloter 2 atau Kloter 13 Jabar pada 9 Juli dan Kloter 3 atau Kloter 24 Jabar akan dilepas pada 13 Juli,” kata Kepala Kantor Kemenag.

Sedangkan tiga kloter lainnya, yaitu Kloter 4 (Kloter 62 Jabar) pada 25 Juli, Kloter 5 (Kloter 83 Jabar) pada 31 Juli dan terakhir Kloter 6 (Kloter 92 Jabar) akan dilepas pada 2 Agustus. “Jadwal penglepasannya masih sementara, namun pengelompokan penerbangannya sudah ditentukan. Untuk itu kami imbau kepada seluruh jama’ah, agar dapat menerima hasil pengelompokan tersebut,” tutup Asep Ismail.

Sumber: Humas Pemkab Bandung

BERLANGGANAN
BERITA LAINNYA
Dalam rangka mewujudkan Kabupaten Bandung sebagai Daerah Tertib Ukur (DTU) Tahun 2019, Dinas Perindu
Peran protokol dalam suatu acara, sangat penting keberadaanya. Perannya sangat menentukan keberhasil